Suku Batak dan Danau Toba


Tahukan kamu bahwa Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara? Dengan kedalamannya hingga mencapai 450 meter danau ini juga menjadi danau yang terdalam di dunia. Selain itu, danau bertipe vulkanik ini juga menjadi danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini juga pernah menjadi 7 keajaiban dunia pada tahun 2008, jadi tidak heran kalau Danau Toba terkenal di seluruh penjuru dunia.
Jika kita menengok ke sejarah, Danau Toba terbentuk karena letusan gunung Toba ribuan tahun yang lalu. Letusan gunung ini sangat luar biasa sampai-sampai debu vulkanik yang dihasilkan menyebar ke hampir seluruh belahan dunia dan mengurangi populasi hingga mencapai 60%. Akibat dari meletusnya gunung ini, muncullah kaldera atau kawah raksasa yang lambat laun terisi air hingga terbentuklah Danau Toba.
Danau Toba memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Saking luasnya danau ini sampai memunculkan pulau di atasnya, loh. Namanya Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luasnya negara Singapura. Kalau pulaunya aja luas banget tidak kebayang dong gimana luasnya Danau Toba.
Pulau Samosir menjadi salah satu ikon dari keindahan Danau Toba. Karena dari pulau ini lahirlah suku Batak yang masih memegang teguh kepercayaan leluhur. Sehingga banyak budaya yang dihasilkan dari suku Batak ini.
Dan menurut cerita yang beredar, suku batak berasal dari sebuah gunung, yang disebut Pusuk Buhit, jika kita kesana sebaiknya kita jangan mendaki sendirian dikarenakan Pusuk Buhit termasuk daerah mistis, sebaiknya kita meminta pemandu untuk mengantarkan kita mendaki dan melihat keindahan alam yang ada disana, dan konon katanya peninggalan berharga dan bersejarah suku batak berada di Pusuk Buhit.

Konon katanya, jika kita mendaki ke Pusuk Buhit kita tidak diperkenankan mengambil gambar dan mengabadikannya. Tapi, saat ini banyak wisatawan yang mengabadikannya. 

Kalau teman-teman sekalian tertarik ke Pusuk Buhit sebaiknya sudah bisa direncakan, dan tolong cari informasi yang lebih banyak mengenai Pusuk Buhit sebelum beranjak kesana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Marga " Sibarani " Sipartano Naiborngin

Video dan Lirik Lagu Sipartano Naiborngin

Perkembangan Kota Medan